Mobile Learning sebagai alternatif

Berdasarkan data sebanyak 70% dari total jumlah seluruh penduduk di Indonesiamenggunakan perangkat seluler (Goswami, 2007:25) atau sekitar 150 juta penduduk Indonesia menggunakan perangkat seluleryang juga dapat dikatakan sebagai perangkat bergerak ataumobile devices.Kenyataan ini juga sekaligus dapat menjadi peluang untukInstitusi Pendidikan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran denganmemanfaatkan perangkat bergerak sebagai media yang di kenal denganmobile learning.

Mobile learning merupakan bagian dari pembelajaran elektronik atau lebih di kenal dengan e-learning. (Georgiev, Georgieva & Smrikarov, 2006). Terkait dengan jumlah pengguna perangkat bergerak yang banyak, mobile learning dapat dijadikan salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan dalam bidang pendidikan di tingkat Sekolah Menengah pada umumnya, khususnya Sekolah Menengah Atas, terutama masalah pemerataan akses infomasi pendidikan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: