Hasil Survei Model PBL

Responden : Siswa SMK Negeri 1 Katapang

Untuk mengetahui efektifitas model PBL di SMK, penulis melakukan survei di SMK Negeri 1 Katapang terhadap 36 orang pelajar (N=36) jurusan Teknik Elektronika Industri, perihal penggunaan model PBL. Survey ini terdiri dari pertanyaan untuk mengetahui motivasi pelajar terhadap keikutsertaannya di dalam PBL dan respon dalam mengerjakan proyek secara kelompok. Survey ini menggunakan pengukuran 5 poin skala Linkert dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Nilai 1 untuk yang menjawab Sangat Tidak Setuju (STS).
  • Nilai 2 untuk yang menjawab Kurang Setuju (KS).
  • Nilai 3 untuk yang menjawab Ragu-ragu (R).
  • Nilai 4 untuk yang menjawab Setuju (S).
  • Nilai 5 untuk yang menjawab Sangat Setuju Sekali (SSS).

Berikut hasil survei dimaksud.

Tabel 7-1 Daftar hasil kuisioner.

Pertanyaan yang diajukan

Nilai Rata

%

1. Saya menilai proyek sebagai tantangan

4.1

82

2. Dengan PBL akan membuat kita berpikir kreatif.

4.00

80

3. Kita akan lebih baik jika belajar dengan menggunakan multimedia digital.

4.28

86

4. Saya merasa senang dalam mengikuti PBL

4.8

96

5. PBL membuat kita berpikir kritis terhadap suatu topic

3.8

76

6. PBL meningkatkan pemahaman kita terhadap materi.

3.86

77

7. Saya merasa termotivasi dalam megerjakan proyek.

3.98

76

8. Pemahaman kita terhadap suatu subyek akan lebih baik setelah mengikuti PBL.

3.98

79

9. Saya tertantang untuk belajar giat di dalam kelompok kerja

3.91

78

10. Saya dan kelompok terbantu dengan software pendukung dalam menyelesaikan proyek.

3.86

77

LAMPIRAN 7 (Lanjutan)

Pertanyaan yang diajukan

Nilai Rata

%

11. Dengan kerja kelompok, tujuan proyek cepat tercapai.

3.82

75

12. PBL memperdalam wawasan kita dalam menyelesaikan permasalahan secara nyata.

3.86

77

N = 36

Kesimpulan :

  1. Pelajar termotivasi dan tertantang dengan model PBL, apalagi jika ditunjang oleh sarana dan multimedia yang lengkap.
  2. PBL menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman yang lebih mendalam.
  3. Meningkatkan kerjasama tim dan kemampuan komunikasi yang supel.

    • lestari mf
    • March 1st, 2010

    Bang..saya membayangkan penerapan PBL pasti membutuhkan managemen waktu yang baik, dan perjuangan yang keras, mengingat budaya para siswa kita.., jika diminta untuk bertanya atau berpendapat pada waktu pbm saja sulit…apalagi ini..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: