TESIS Yudi

DESAIN E-LEARNING BERBASIS WEB
MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL)

Oleh
Yudi Purnawan
NIM : 23204096
PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) identik dengan pendidikan bidang keteknikan yang secara alamiah disimulasi oleh permasalahan teknik pada situasi nyata dimana karakteristik ini sangat cocok dengan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning / Pembelajaran Berbasis Proyek = PBL) yang mampu menstimulasi proses belajar dengan menggunakan permasalahan pada situasi nyata dari suatu profesi. Namun implementasi PBL ini akan sangat sulit jika perangkat pedukung pembelajaran tidak memadai. Pada pembelajaran konvensional terutama di sebagian besar SMK sering dijumpai keterbatasan resource dan fasilitas pembelajaran. Untuk itu perlu dicari alternatif media pembelajaran yang memiliki resource yang lebih lengkap, luas dan memenuhi kebutuhan yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran atau sering disebut e-learning.
Sandy Goldberg berpendapat bahwa penerapan PBL akan lebih baik dengan menggunakan teknologi informasi. PBL mendorong penerapan teknologi informasi secara nyata sesuai dengan kegiatan sebenarnya, dan secara alami membawa peserta proyek aktif di dalam kegiatannya. Adanya lingkungan dan permasalahan nyata dapat membawa pelajar kedalam pengalaman melakukan eksperimen, penelitian, investigasi yang dapat menumbuhkan motivasi dan rasa tangggung jawab terhadap pekerjaannya. Teknologi informasi mempertimbangkan kreatifitas produk yang mudah diaplikasikan di dalam ataupun di luar sekolah.
Dalam tesis ini akan diusulkan desain e-learning model PBL untuk lingkungan web yang terdiri dari modul permulaan, pengembangan dan pelengkap. Konsep desain e-learning model PBL ini menitik beratkan pada permasalahan berupa suatu proyek baik dalam kelompok kecil, kelas atau individual dan menggunakan dukungan fasilitas web untuk aktifitas proyeknya. Desain e-learning model PBL ini memperhatikan beberapa kriteria antara lain dapat digunakan untuk semua implementasi proyek, pada jaringan intranet maupun internet, pembelajaran lokal maupun jarak jauh dan untuk berbagai disiplin ilmu.
Tahapan yang dilakukan dalam desain tesis ini adalah studi literatur, analisis kebutuhan, desain prototipe, implementasi prototipe dan pengujian prototipe. Adapun dalam pemodelan sistem menggunakan UML.
Dengan memanfaatkan fasilitas yang ada pada lingkungan e-learning berbasis web secara maksimal, pembelajaran model Web Project Learning diharapkan dapat lebih menumbuhkan motivasi dan berkolaborasi di dalam mengikuti kegiatan pembelajarannya. Ketika pelajar terkonsentrasi dalam permasalahan dan aktif dalam penyelesaian proyek baik kelompok maupun individu, maka beberapa manfaat dapat diperoleh diantaranya peningkatan kemampuan, wawasan, keluwesan berkomunikasi, cara berfikir, membuat keputusan, penyelesaian masalah, penggunaan teknologi informasi, dan lain-lain.

Kata kunci : e-learning, web, project based learning, permasalahan nyata.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: