Pengertian E-Learning

Banyak pakar yang menguraikan definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Definisi yang sering digunakan banyak pihak adalah sebagai berikut.a.       E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain [Hartley, 2001].b.      E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone [LearnFrame.Com, 2001].c.       E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3 players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan  hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidkan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda [Thomas Toth, 2003; Athabasca University, Wikipedia].Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu e-learning. Keuntungan menggunakan e-learning diantaranya :• menghemat waktu proses belajar mengajar,• mengurangi biaya perjalanan,• menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku),• menjangkau wilayah geografis yang lebih luas,• melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Untuk menyampaikan pembelajaran, e-learning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet. Namun sebenarnya media penyampaian sangat beragam dari internet, intranet, cd, dvd, mp3, PDA, dan lain-lain. Penggunaan teknologi internet pada e-learning umumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-learning sehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah.

    • Wahyu
    • April 19th, 2008

    Bagus artikelnya.. ..
    Nggak papa khan kalau di copy dan dipakai bahan cerita saaat ngajar
    Makasih

    • chaca
    • October 21st, 2008

    bagi referensi nya donkk…blh tak???

    cepet…
    thx yaks…

  1. Artikelnya menarik sekali,
    Sa ingin bertanya lalu email, blog, mail list, website, dll itu sebenarnya kalau menurut referensi anda di sebut sebagai apa? ICT tool kah? Internet tool? atau internet media? atau apa?
    Terima kasih banyak sebelumnya

  2. trims kang sasa…. sorry agak telat…

    Klo menurut sy email, blog, mailinglist, website, dll adalah delivery tool, yg klo lebih fokus lg ke pendidikan sebagai media penyampaian informasi dari bberapa model pembelajaran baik secara sinkron maupun asinkron. a. email dapat digunakan sebagai media komunikasi antara guru dengan siswa (siswa dapat berkonsultasi kepada guru sampai kepada hal2 yg privat sekalipun, disini memungkinkan siswa untuk aktif bertanya tanpa terhalang oleh rasa malu yg biasa nya sering terjadi pada konvensional). b. blog digunakan sebagai media informasi pembelajaran atau fikiran2 atau wejangan atau intruksi dari guru kepada murid2 nya. c. mailinglist dapat digunakan sebagai media diskusi terhadap suatu topik pelajaran yg memungkinkan mendapatkan solusi dari siapapun yg tergabung disitu. d. website…. nah klo ini tergantung kepada model apa website yg akan dibangun… bisa saja langsung dibangun dengan menyediakan semua fitur2 tadi. e. nambahin terakhir chat…. nah ini bisa kita manfaatkan untuk interaksi langsung /realtime tentang permasalahan2 yng ada pada pembelajaran.

    Segitu dl kang sasa… moga2 bermanfaat…, klo ada yg kurang/salah silahkan menambahkan

    trims…sukses…

  3. Lumayan BUat bahan ! thank’s !

    • tri junarto
    • October 1st, 2009

    bagus sekali materi elearning dapat diakses oleh semua kalang masyarakat semua pembelajaran elearning bermanfaat, pendidikan dan dapat diajarkan pada peserta didik dan dapat memberikan kontribusi dalam pendidikan amin.

  4. very good article!!
    menurut qm e-learning bisa diterapkan di SMP level g?
    cuz, Mez mw nyusun n focus pada eLearning ini.
    help me please,

    • e-learning dapat digunakan o semua tingkat kok, hanya desainnya yang harus disesuaikan sesuai sasarannya. selamat ya.

  5. thanks ya artikelnya… komplit…

  6. izin mengutip artikelnya pak

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: