Jenis Aplikasi Internet untuk Pendidikan

Internet menyedikan banyak kemudahan bagi dunia pendidikan. Sebenarnya, suatu institusi yang akan mengadakan pendidikan online  tidak perlu susah-susah merancang model aplikasi dan membangun perangkat lunak untuk e-learning yang dibutuhkan. Ketika memutuskan untuk menerapkan distance  learning, yang harus dilakukan pertama kali adalah memahami model Computer Assisted Learning + Computer Assisted Teaching (CAL+CAT)  yang akan diterapkan. Beberapa model yang berkembang di internet adalah sebagai berikut.

1.Learning management system (LMS).
LMS merupakan kendaraan utama dalam proses pengajaran dan pembelajaran. LMS sebagai perangkat yang mengotomatisasi event pada setiap pembelajaran. Kumpulan perangkat lunak yang ada dirancang untuk pengaturan pada tingkat individu, ruang pelajaran, dan institusi. Karakter utama LMS adalah pengguna merupakan pengajar dan pelajar, dan keduanya harus terkoneksi dengan internet untuk menggunakan aplikasi ini.
2.Computer Based Training (CBT) / Course Authoring Package (CAP).
CBT adalah perangkat lunak online  untuk proses pembelajaran secara lokal pada masing-masing komputer pelajar. Perangkat lunak ini juga dapat diterapkan secara online. Kebanyakan pengguna menggunakannya secara offline karena faktor bandwith yang dibutuhkan CBT untuk memproses large video. CAP adalah perangkat lunak untuk mengembangkan isi perangkat lunak CBT.
3.Java Development Tools (JDT).
JDT adalah lingkungan di mana pelajar dapat memperoleh pengalaman praktis dalam menggunakan bahasa pemrograman Java (hands on experience). JDT umumnya dipasang secara offline pada masing-masing komputer pelajar.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: