Banjir di Kabupaten Bandung

      Kabupaten Bandung merupakan daerah yang memiliki karakter tanah yang gembur dan dilalui oleh beberapa anak sungai yang sebagian besar bermuara ke sungai Citarum. Sehingga apabila musim hujan datang tidak dapat dihindarkan lagi adanya musibah longsor dan banjir di beberapa titik daerah. Menurut data dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Kabupaten Bandung menunjukan ancaman bencana alam sering terjadi berupa banjir pada 81 titik, longsor 185 titik, serta gempa di enam titik, yang terjadi di 44 kecamatan.

Dari beberapa macam bencana tersebut, bencana banjir merupakan bencana yang sering terjadi terutama untuk daerah sekitar anak sungai dan sungai citarum. Hampir semua rumah di sekitar sungai terendam banjir antara 0,5 meter hingga 3 meter, hal ini menimbulkan dampak yang cukup luas dan serius baik dari sisi ekonomi, sosial, keamanan, dan kesehatan dengan jumlah kerugian yang sangat besar.

Walaupun berbagai upaya penanganan banjir telah dilakukan, namun banjir tetap saja terjadi yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan hidup yang membuat ekosistem di Kabupaten Bandung tidak seimbang.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: