Pengenalan PBL (Pembelajaran Berbasis Proyek)

PBL (Project based Learning/ Pembelajaran Berbasis Proyek) merupakan metoda belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. PBL dirancang untuk digunakan pada permasalahan komplek yang diperlukan pelajar dalam melakukan insvestigasi dan memahaminya. Berikut pengertian PBL menurut beberapa ahli.a. PBL adalah metoda pengajaran sistematik yang mengikutsertakan pelajar ke dalam pembelajaran pengetahuan dan keahlian yang kompleks, pertanyaan authentic dan perancangan produk dan tugas [University of Nottingham, 2003].b. PBL adalah pendekatan cara pembelajaran secara konstruktif untuk pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata dan relevan bagi kehidupannya [Barron, B. 1998, Wikipedia].c. PBL adalah pendekatan komprehensif untuk pengajaran dan pembelajaran yang dirancang agar pelajar melakukan riset terhadap permasalahan nyata. [Blumenfeld et Al. 1991].d. PBL adalah cara yang konstruktif dalam pembelajaran menggunakan permasalahan sebagai stimulus dan berfokus kepada aktifitas pelajar. [Boud & Felleti, 1991]. Metoda ini memiliki kecocokan terhadap konsep inovasi pendidikan bidang keteknikan, terutama dalam hal sebagai berikut :§ pelajar memperoleh pengetahuan dasar (basic sciences) yang berguna untuk memecahkan masalah bidang keteknikan yang dijumpainya,§ pelajar belajar secara aktif dan mandiri dengan sajian materi terintegrasi dan relevan dengan kenyataan sebenarnya, yang sering disebut student-centered,§ pelajar mampu berpikir kritis, dan mengembangkan inisiatif.Ada tiga kategori umum penerapan proyek untuk pelajar, yakni mengembangkan keterampilan, meneliti permasalahan dan menciptakan solusi. Kreatifitas dari suatu proyek membantu perkembangan pertumbuhan individu. Berdasarkan hasil riset bahwa PBL memberikan kemampuan kognitif dan motivasi yang menghasilkan peningkatan pembelajaran dan kemampuan untuk lebih baik mempertahankan/ menerapkan pengetahuan[4]. Pada model PBL pelajar dilibatkan dalam memecahkan permasalahan yang ditugaskan, mengijinkan para pelajar untuk aktif membangun dan mengatur pembelajarannya, dan dapat menjadikan pelajar yang realistis[6]. Pendekatan ini mengacu pada hal-hal sebagai berikut.a. Kurikulum : PBL tidak seperti pada kurikulum tradisional, karena memerlukan suatu strategi sasaran di mana proyek sebagai pusat.b. Responsibility : PBL menekankan responsibility dan answerability para pelajar ke diri dan panutannya. c. Realisme : kegiatan pelajar difokuskan pada pekerjaan yang serupa dengan situasi yang sebenarnya. Aktifitas ini mengintegrasikan tugas otentik dan menghasilkan sikap profesional.d. Active-learning : menumbuhkan isu yang berujung pada pertanyaan dan keinginan pelajar untuk menemukan jawaban yang relevan, sehingga dengan demikian telah terjadi proses pembelajaran yang mandiri.e. Umpan Balik : diskusi, presentasi, dan evaluasi terhadap para pelajar menghasilkan umpan balik yang berharga. Ini mendorong kearah pembelajaran berdasarkan pengalaman.f. Keterampilan Umum : PBL dikembangkan tidak hanya pada ketrampilan pokok dan pengetahuan saja, tetapi juga mempunyai pengaruh besar pada keterampilan yang mendasar seperti pemecahan masalah, kerja kelompok, dan self-management.g. Driving Questions : PBL difokuskan pada pertanyaan atau permasalahan yang memicu pelajar untuk berbuat menyelesaikan permasalahan dengan konsep, prinsip dan ilmu pengetahuan yang sesuai.h. Constructive Investigations : sebagai titik pusat, proyek harus disesuaikan dengan pengetahuan para pelajar.i. Autonomy : proyek menjadikan aktifitas pelajar sangat penting. A. Pendekatan PBLPendekatan PBL adalah penggunaan proyek sebagai metoda pengajaran/pembelajaran. Para pelajar bekerja secara nyata, seolah-olah ada di dunia nyata yang dapat menghasilkan produk secara realistis. Prinsip yang mendasari adalah bahwa dengan aktifitas kompleks ini, kebanyakan proses pembelajaran yang terjadi tidak tersusun dengan baik. Alternatif penggunaan PBL adalah sesuatu yang sangat berbeda. Dari pengalaman terdapat dua dimensi untuk menggolongkan alternatif PBL : 1) penyelesaian tugas dan pembelajaran pengetahuan yang pokok, 2) manajemen proyek dan pembelajaran ketrampilan secara umum. Aktifitas para pengajar dan para pelajar bertukar-tukar tergantung pada derajat tingkat kendali yang diberikan kepada para pelajar dalam kedua dimensi. B. Peran Pengajar dalam PBLSelama berlangsungnya proses belajar dalam PBL pelajar akan mendapat bimbingan dari narasumber atau fasilitator, tergantung dari tahapan kegiatan yang dijalankan.a. Narasumber§ Menyusun trigger problems.§ Sebagai sumber pembelajaran untuk informasi yang tidak ditemukan dalam sumber pembelajaran bahan cetak atau elektronik.§ Melakukan evaluasi hasil pembelajaran. b. FasilitatorSecara umum peran fasilitator adalah memantau dan mendorong kelancaran kerja kelompok, serta melakukan evaluasi terhadap efektifitas proses belajar kelompok. Secara lebih rinci peran fasilitator adalah sebagai berikut.

  • Mengatur kelompok dan menciptakan suasana yang nyaman.
  • Memastikan bahwa sebelum mulai setiap kelompok telah memiliki seorang anggota yang bertugas membaca materi, sementara teman-temannya mendengarkan, dan seorang anggota yang bertugas mencatat informasi yang penting sepanjang jalannya diskusi.
  • Memberikan materi atau informasi pada saat yang tepat, sesuai dengan perkembangan kelompok.
  • Memastikan bahwa setiap sesi diskusi kelompok diakhiri dengan self-evaluation.
  • Menjaga agar kelompok terus memusatkan perhatian pada pencapaian tujuan.
  • Memonitor jalannya diskusi dan membuat catatan tentang berbagai masalah yang muncul dalam proses belajar, serta menjaga agar proses belajar terus berlangsung, agar tidak ada tahapan dalam proses belajar yang dilewati atau diabaikan dan agar setiap tahapan dilakukan dalam urutan yang tepat.
  • Menjaga motivasi pelajar dengan mempertahankan unsur tantangan dalam penyelesaian tugas dan juga memberikan pengarahan untuk mendorong pelajar keluar dari kesulitannya.
  • Membimbing proses belajar pelajar dengan mengajukan pertanyaan yang tepat pada saat yang tepat. Pertanyaan ini hendaknya merupakan pertanyaan terbuka yang mendorong pelajar mencari pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai konsep, ide, penjelasan, sudut pandang, dan lain-lain.
  • Mengevaluasi kegiatan belajar pelajar, termasuk partisipasinya dalam proses kelompok. Pengajar perlu memastikan bahwa setiap pelajar terlibat dalam proses kelompok dan berbagi pemikiran dan pandangan.
  • Mengevaluasi penerapan PBL yang telah dilakukan.
About these ads
    • diyan kurniawan
    • April 12th, 2008

    Salam kenal Pak Yudi Purnawan,
    secara tidak sengaja saya menemukan website Anda. Kebetulan saya dan beberapa teman juga mempunyai kepedulian di bidang pendidikan di Indonesia. Kami menuangkannya dengan membuat dan membagikan majalah gratis tentang pendidikan bernama EduPoint kepada pelajar dan mahasiswa di Yogyakarta. Jika ada kesempatan, mohon Bapak berkunjung ke situs kami di http://www.edupointmagz.com dan forum di http://www.forum.edpointmagz.com untuk memberikan komentar, usulan, dll. mengingat kami masih sangat newbie di dunia pendidikan. Jika Bapak berkenan, Bapak dapat menghubungi saya ke diyankurniawan@yahoo.co.uk untuk memberikan tanggapan surat saya ini.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Diyan Kurniawan
    Kru majalah EduPoint

    • Refi Elfira
    • April 25th, 2008

    Salam kenal Pak Yudi Purnawan,
    Saya sangat tertarik dengan PBL yang ada di blog Bapak. Boleh tulisan Bapak saya jadikan sebagai referensi?
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  1. Terima kasih atas kunjungannya…., silahkan mas refi, mudah2 an bermanfaat

    • lulu
    • June 5th, 2008

    Pak Yudi Purnawan, saya dan beberapa teman saya kesulitan menemukan referensi mengenai pembelajaran berbasis proyek (dan dari blog ini kita jadi banyak tau).. apakah bapak bisa membantu kami mencari sumber referensi lain mengenai pbl ini?
    anyway,u did such a great work on it..
    thx a bunch pak..
    hidup pak yudi!!

  2. Trima kasih teh lulu, web ttg pbl dari luar ada kok. Nanti sy posting via japri….

    • ana
    • June 11th, 2008

    Pa yudi, saya kebetulan sedang membuat penelitian tentang model pembelajaran berbasis proyek dalam bidang patiseri di perguruan tinggi, boleh tidak saya pinjam beberapa referensi yang bapak punya, saya ada di yogyakarta, beberapa waktu lalu saya kirim e-mail tapi belum ada jawaban, terimaksih sebelumnya, oh ya bapak kuliah dimana ?

  3. silahkan mbak ana, mudah2 an penelitiannya sukses…
    waduh… maaf emailnya klo belum sy balas ntar sy cek..

  4. Salam kenal Pak Yudi Purnawan.
    Setelah membaca PBL yang di blog Bapak, saya menjadi sangat tertarik dan saat ini saya berencana untuk membuat penelitian mengenai PBL. Tetapi saya masih agak bingung mengenai perbedaan antara PBL dengan metode proyek yang sudah sering digunakan dalam pembelajaran di sekolah- sekolah atau di perguruan tinggi. Mohon kiranya Bapak bisa menjelaskan mengenai perbedaan PBL dengan metode proyek.
    Atas perhatian dan kesediaannya saya ucapkan terima kasih. Semoga selalu sukses ya Pak.

    • dhami johar damiri
    • January 22nd, 2009

    Pak…Saya akan membuat penelitian tentang PBL. Buku apa saja yang dapat dijadikan referensi berkaitan dengan PBL?

    • Nina agustiana
    • September 10th, 2009

    Sayang g ada referenny pa,pas ditny penulis asing yg ada didftr pustaka jg bingung.mksh.

    • Heny Batalia
    • September 27th, 2009

    Pak….saya tertarik untuk membuat penelitian tentang PBL, tapi masih sulit untuk menemukan bukunya, buku apa saja yang dijadikan refrensi berkaitan dengan PBL…?? tolong berikan daftar pustakanya pak… trima kasih…

    • farah
    • October 14th, 2009

    aslm pak yudi sala farah saat ini saya sedang menyelesaikan skripsi tentang pembelajaran berbasis proyek saya ingin bertanya dengan bapak apakah bapak memiliki referensi tentang sintak2 pada PBL

  5. Saya KS SMA Mujahidin Surabaya. Saya tertarik sekali dengan tulisan Bapak tentang PBL. Cuman saya perlu contoh prakteknya. Saya pingin studi banding sehingga dapat pengalaman tidak hanya sekedar teori tapi juga praktek. Apakah Bapak bisa memberikan informasi sekolah / PT mana yang bisa saya datangi

    • rizki
    • May 29th, 2010

    aslm
    saya tertarik sekali dengan pembelajaran berbasis proyek..
    apakah boleh saya minta referensi mengenai pbl ini?

    • prahara
    • June 21st, 2010

    salam kenal pak.
    saya prahara mahasiswa IAIN yang sekarang sedang proses skripsi.
    saya ingin lebih kenal dengan bapak, mengenai profil bapak untuk bahan skripsi saya.
    mohon bantuannya, karena skripsi saya mengenai pembelajaran matematika berbasis proyek.
    saya ingin tanya lebih jauh lagi, itupun kalau bapak memprbolehkan!!??

    • @prahara salam kenal juga, silahkan klo sy bisa bantu boleh…semoga sukses ya…

    • prahara
    • June 27th, 2010

    @yudipurnawan maaf Pak saya boleh minta alamat facebook to email bapak.
    boleh saya dikirimi curiculum vitae bapak di email saya ???
    alamat email dan facebook saya : prahara_psn@yahoo.com

    • abdul azis
    • September 15th, 2010

    terima kasih pak yudi, artikel babapk membantu pengetahuan saya tentang PBL. bapak punya referensi lain tentang PBL yang diadopsi oleh Jhon Dewey dan kil patrik ga?kalaw punya saya tolong di referensikan dong.terima kasih

    • abdei negoro
    • September 28th, 2010

    kere………n.?

    • Widodo
    • October 15th, 2010

    Aku print artikelnya ya pak…untuk…teman-teman di sekolah semoga mereka juga terinspirasi!

    • Hayu Noerita
    • November 9th, 2010

    Bapak, perbedaan antara project based learning dgn problem based learning apa y?
    trus fase2 pembelajaran mgunakan PBL bagaimana y pak?
    Trimakasi sangat infonya,,,,

    • sopandi
    • December 24th, 2010

    ass.wr.wb maaf pak mau tanya… apakah model pbl ini bisa diterapkan dg menggunakan media animasi atau membuat suatu benda dg menggunakan bantuan program macromediaplash atau sejenisnya untuk di persentasikan kepada peserta didik?? tlong jawabannya trimakasih.

    • ade
    • January 24th, 2011

    terimakasih atas ilmunya,,saya mau tanya kalo referensi dari buku ada tidak menegenai PBL..

  6. buku refrensi ada, cb cri pengarangnya made wena judulnya strategi pembelajaran inovatif dan kontenporer: suatu tujuan konseptual oprasional. dan yang lainnya juga ada pembelajaran berbasis proyek pengarangnya waras kamdi.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: